Kamis, 24 Desember 2015

Tips pengobatan awal sakit pada anak

    Apabila anak sakit kita sebagai orang tua pastilah merasa cemas dan khawatir,dan solusi yang terlintas di pikiran kita sudah pasti ialah segera pergi ke Dokter.
Namun ada saat-saat di mana kita tidak bisa segera  pergi untuk menemui atau memanggil Dokter,dengan berbagai alasan tentunya.
    Untuk itu di bawah ini ada beberapa tips alami yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.
Tips ini bisa dikatakan juga sebagai Pertolongan Pertama Anak Sakit.
lakukan hal ini sebagai awal untuk mengobati anak.

1. Demam

    Jika ibu mempunyai bayi yang demam cara mengatasinya adalah kenakanlah baju yang tipis,lalu kompres dengan air hangat,balur tubuhnya dengan bawang merah,berikan madu dan air kelapa muda.

2. Pilek serta hidung tersumbat

    Untuk bayi yang pilek,hirup uap air panas yang di tetesi minyak telon/minyak kayu putih,tempelkan di pelipis bayi pala bubuk yang telah di tetesi minyak telon.
Jaga kondisi kamar agar tetap lembab dengan tidak menyalakan AC atau kipas angin.

3. Batuk

    Cara menangani bila anak mengalami batuk yaitu dengan memberikan jeruk nipis serta madu,atau bunga belimbing di tambah madu,atau perasan kencur yang di tambahkan madu.

4. Sakit tenggorokan

    Untuk anak yang sudah berusia di atas 5 tahun bila mengalami sakit tenggorokan cobalah untuk berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam,air garam dapat membunuh kuman dan mencegah peradangan, Meminum air hangat dengan perasan jeruk nipis yang di tambah dengan madu dapat menyembuhkan sakit tenggorokan yang disebabkan karena peradangan.

5. Diare

    Bila anak mengalami diare yang perlu di lakukan adalah berikan minum sebanyak-banyaknya untuk menggantikan cairan yang keluar sehingga tidak terjadi dehidrasi.
Berikan oralit kombinasi air,garam dan gula. Daun jambu biji juga dipercaya dapat mengatasi diare.

6. Sariawan

    Sariawan pada anak bisa dikarenakan oleh kuman serta kurangnya kebersihan mulut. Untuk mengatasi sariawan dapat menggunakan daun saga yang ditumbuk dan dicampuri madu,tempelkan pada bagian yang terkena sariawan.

7. Cacingan

    Cacingan banyak di alami oleh anak-anak,selain menggunakan obat cacing ada cara alami yang bisa di gunakan untuk membunuh cacing dalam perut yaitu Petai.
kandungan belerang serta tannin pada petai dapat membunuh cacing dalam perut serta mengeluarkannya lewat tinja anak.

8. Luka lecet

    Madu murni selain kaya akan nutrisi juga bermanfaat sebagai desinfektan,oleskan madu murni pada bagian yang luka dan diamkan beberapa menit sebelum di oleskan kembali.
 Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari hingga lukanya sembuh.

9. Bisul

    Untuk mengatasi bisul pada anak,gunakan bayam duri yang ditumbuk dan ditambahkan madu,
tempelkan pada bisul. Setelah bisul kering berikan putih telur serta madu untuk menyingkirkan bekas bisul supaya kulit mulus kembali.

10. Mengatasi anak sulit makan

    Bila anak kurang bernafsu makan cobalah untuk memberinya temulawak,temulawak di yakini dapat merangsang nafsu makan anak.

    Demikian beberapa tips untuk pengobatan awal untuk anak yang sakit
semoga bermanfaat...!!

Sumber: Koranberitanews.blogspot.co.id

1 komentar:

  1. Iron Diamonds: How they work and the art of the
    Iron Diamonds is an antique titanium dab tool jewelry jewelry manufacturing shop in medical grade titanium earrings Las Vegas. We stock titanium men\'s wedding band both traditional and antique titanium quartz jewelry brands titanium trim as seen on tv in a

    BalasHapus